01/10/19

Instagram Hapus Fitur Yang Biasa Digunakan Untuk Melakukan Stalking

Instagram diam-diam telah menghilangkan fitur "Following Tab" pada laman "Activity". Fitur tersebut sering digunakan oleh pengguna Instagram untuk melakukan "Stalking" atau melihat-lihat apa saja yang disukai, dikomentari dan diikuti dari akun yang diikuti dalam beberapa jam terakhir.

Following Tab dapat ditemukan dengan mengetuk tab notifikasi atau ikon hati, lalu menggeser layar kearah kanan. Kini setelah Instagram menghapusnya dengan menyisakan notifikasi pemilik akun saja yang tersisa.

Instagram telah mengonfirmasi penghapusan ini yang dimana telah memasuki tahap uji coba tanpa adanya penjelasan lebih lanjut dari pihak Instagram.

Instagram Hapus Fitur Yang Biasa Digunakan Untuk Melakukan Stalking

Beberapa pengguna telah menyampaikan keluhannya mengenai hilangnya fitur ini di forum Reddit sejak awal Agustus lalu.

"Saya tidak menemukan "Following Tab" pada laman aktivitas yang sama miliki saat ini. Saya telah melaporkan masalah ini ke Instagram akan tetapi tidak membuahkan hasil apapun," tulis salah satu pengguna di Reddit.

Pengguna lainnay bahkan mengaku sampai membuat akun baru untuk memastikan fitur Following Tab yang hilang pada akun lamanya. Penghapusan tersebut kemungkinan belum merata sejauh ini.

Masih ada beberapa pengguna yang masih dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan "Stalking" pada aktivitas teman atau kenalan mereka melalui fitur ini. Walaupun demikian, terdapat pengguna yang juga bersyukur atas hilangnya fitur Following Tab.

"Instagram memang harus menghapus fitur tersebut. Sangat menyakitkan ketika kita diabaikan oleh seseorang tapi melihatnya sibuk untuk menyukai postingan orang lain," ungkap salah satu pengguna lainnya.

Saat ini Instagram dikabarkan sedang melakukan beberapa perombakan yang dimana salah satunya adalah menghadirkan fitur dark mode. Fitur dark mode ini telah hadir untuk beberapa pengguna. Selain itu, Instagram juga menghadirkan fitur untuk membula filter wajah 3D.