05/09/19

Samsung Perkenalkan Exynos 980 Dengan 5G

Samsung pada pekan ini memperkenalkan chipset prosesor terbaru mereka yaitu Exynos 980. Chipset Exynos 980 merupakan chipset pertama dari Samsung yang telah mendukung konektivitas jaringan 5G.

Modem yang ada di Exynos 980 disebutkan dapat menghasilkan kecepatan transfer data hingga mencapai 2,55 Gbps pada spektrum sub-6 Ghz. Selain 5G, chipset ini juga mendukung standar WiFi 6 terbaru.

"Dengan adanya Exynos 980 yang telah mendukung 5G, Samsung berupaya untuk dapat menghadirkan koneksi 5G yang dimana dapat lebih mudah di jangkau oleh konsumen," kata Vice President System LSI Samsung, Ben Hur.

Samsung Perkenalkan Exynos 980 Dengan 5G

Selain modem 5G, Exynos 980 ini menggunakan CPU octa-core yang dibagi kedalam 2 kelompok utama yaitu Cortex A-77 dengan kecepatan tinggi dan empat core Cortex A-55 yang memiliki keunggulan pada penggunaan daya yang lebih rendah. Untuk pengolahan grafis dipercayakan pada GPU Mali-G76.

Exynos 980 ini juga telah memiliki kapasitas pengelolaan AI yang dimana disematkan Neural Processing unit dengan kinerja 2,7 kali lebih baik dibandingkan chipset generasi sebelumnya.
Dengan NPU ini, Samsung mengklaim bahwa perangkat dengan Exynos 980 dapat melakukan pengelolan terkait dengan AI, alih-alih dibebankan kepada perangkat ketiga seperti cloud server sehingga memastikan privasi pengguna terjaga dengan baik.

Untuk fungsi fotografi, Exynos 980 telah mendukung kamera dengan resolusi tinggi mencapai 108 megapiksel. Image Signal processor pada chip ini memiliki kapasitas untuk mengolah data secara langsung dari lima sensor kamera.

Fitur lainnya adalah termasuk didalamnya yang mendukung multi-format codec yang encoding dan decoding video dengan kualitas 4K UHD hingga 120 frame per second.

Samsung disebutkan akan mulai memproduksi massal Exynos 980 pada akhir tahun ini. Ponsel ini akan menggunakan chip tersebut untuk perangkat yang dirilis pada tahun 2020 yang akan datang.