10/09/19

iPhone XR Menjadi iPhone Paling Laris Pada 2019

Pada September tahun lalu, Apple merilis tiga tipe iPhone baru yaitu iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max. Dari ketiga varian tersebut, XR adalah model yang dibanderol dengan harga paling terjangkau alias murah dibandingkan dengan dua model lainnya. Strategi ini tergolong efektif untuk menjaring pembeli.

Berdasarkan laporan dari IHS Markit yang merupakan lembaga riset pasar, XR mencatatkan diri sebagai model iPhone yang paling laris sepanjang 2019 ini atau lebih tepatnya pada semester pertama 2019. Seri ini secara global berhasil dijual sebanyak 26,9 unit dari Januari hingga Juli 2019.

iPhone XR Menjadi iPhone Paling Laris Pada 2019

IHS Markit mencatat bahwa pada kuartal pertama Apple menjual sebanyak 13,6 juta unit iPhone XR yang dimana penjualan turun tipis pada kuartal dua yaitu menjadi 13,3 juta unit.

"Jika dibandingkan dengan vendor lain, Apple masih mempertahankan model yang lebih kecil," kata Direktur Riset dan Analis IHS Market, Jusy Hong.

"Ini membuktikan bahwa iPhone cenderung pengapalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan smartphone Android dengan merek Samsung," jelasnya.

IHS mencatat bahwa jumlah penjualan ini tidaklah lepas dari strategi penurunan harga yang dilakukan oleh Apple dalam beberapa bulan terakhir. Sebagai contohnya di India. Ketika pertama diluncurkan, XR di banderol dengan harga Rp 15 juta untuk versi 64 GB seddangkan 128 GB memiliki harga Rp 16 juta dan versi terakhir yang 256 GB memiliki harga Rp 17,9 juta.

Strategi ini membuat penjualan iPhone XR menjadi lebih agresif dan bertenggel menjadi urutan pertama dari ponsel paling laris. Walaupun demikian, jumlah model ponsel Samsung yang masuk kedalam daftar 10 ponsel terlaris versi dari IHS Markit ini lebih banyak dibandingkan Apple yang dimana terdapat 3 ponsel seri A dan satu ponsel seri J.