05/08/19

MediaTek Hadirkan 2 SoC Terbaru Untuk Ponsel Gaming

Pabrikan chip asal Taiwan, Mediatek baru-baru ini memperkenalkan dua produk SoC yang dibuat khusus untuk ponsel gaming bernama Helio G90 dan G90T. Kedua SoC tersebut menurut Mediatek akan diluncurkan untuk mengakomodir keinginan para produsen smartphone untuk menciptakan ponsel dengan performa gaming terbaik sekaligus dengan harga terjangkau.

T.L Lee, GM unit bisnis Wireless Communication MediaTek menjelaskan bahwa pasar mobile gaming saat ini terus mengalami pertumbuhan yang positif sehingga membuat para produsen mencari cara untuk meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan pengalaman main game di smartphone.

"Inilah alasan mengapa kami merancang chip G90 ini," kata Lee.

Spesifikasi dari kedua SoC ini sebenarnya hampir sama walaupun terdapat perbedaan pada tingkat kinerja kedua chip tersebut.

MediaTek Hadirkan 2 SoC Terbaru Untuk Ponsel Gaming

Helio G90 standard memiliki delapan inti CPU dengan konfigurasi dua CPU adalah berjenis Cortex-A76 dan enam CPU lainnya berjenis Cortex-A55.

Untuk Helio G90T sendiri memiliki konfigurasi yang sama dengan perbedaan pada clockspeed maksimal dari CPU Cortex-A76 yang dimana pada G90 standard hanya melaju hinggal 2.00 Ghz sedangkan pada G90T melaju hingga 2,05 Ghz.

Pengolah grafis kedua SoC ini jugalah sama yaitu menggunakan Mali-G76 3EEMC4 yang memiliki kecepatan hingga 800 Mhz.

Selain juga terdapat fitur "HyperEngine" yang terdiri dari serangkaian fitur untuk mendukung kelancaran dalam bermain game.

Fitur dalam HyperEngine seperti Dual-WiFi untuk memungkinan perangkat melakukan sambungan ke dua jenis WiFi sekaligus, Rapid Response Engine untuk meminimalisir input lag dan Call and Data Concurrency yang berfungsi untuk membuat koneksi internet tidak terganggu ketika ada panggilan telepon masuk.

Belum diketahui produk smartphone apa saja yang akan menggunakan Helio G90 dan G90T mengingat spesifikasi keduanya setara dengan Snapdragon 730 yang dibuat oleh Qualcomm. Kemungkinan besar kedua SoC ini akan memasuki segmen smartphone menengah,