29/08/19

iPhone Kemungkinan Akan Kehadiran Fitur Walkie-Talkie

Apple Watch mmeiliki fitur walki-talkie yang membuat para penggunanya dapat berbincang sesama pengguna Apple Watch dengan menekan tombol tertentu. Fitur tersebut yang disebutkan hampir sama juga sedang dibuat oleh Apple untuk iPhone.

Sayangnya, rencana tersebut harus dihentikan dan tidak berlanjut hingga saat ini. Fitur yang sama yang dengan walki-talkie ini disebutkan tengah dikembangkan bersama dengan Intel yang merupakan salah satu pemasok untuk iPhone.

Alasan berhentinya pengembangan fitur ini dikarenakan mundurnya Rubern Caballero yang menjadi kepala proyek ini. Caballero bergabung dengan Apple pada tahun 2005 dan menjadi kepala proyek modem 5G dari Apple. Dengan mundurnya Caballero membuat struktur divisi modem Apple menjadi berubah.

iPhone Kemungkinan Akan Kehadiran Fitur Walkie-Talkie

Walaupun begitu, peluang bagi fitur walkie-talkie ini tertanam didalam iPhone sesungguhnya masih ada terutama setelah Apple mengakusisi bisnis modem untuk smartphone Intel dengan nilai 1 miliar dollar AS.

Akuisisi ini juga sekaligus membuat 2.200 karyawan Intel pindah ke Apple dan pengambil alihan kekayaan intelektual dan perlengkapan Intel terkait teknologi modem smartphone.

Apple disebutkan berambisi ingin mengembangkan teknologi modem sendiri dengan membuka lowongan pekerjaan bagi teknisi chip dan modem untuk dua pabriknya yang berada di Santa Clara dan San Diego.

Jika fitur walkie-talkie ini terwujud, pengguna iPhone akan daapt berkomunikasi satu sama lain tanpa menghabiskan pulsa atau koneksi internet. Kemungkinan, fitur tersebut akan memanfaatkan spektrum 900 Mhz.

Ini agak berbeda dengan walkie-talkie yang berada di Apple Watch yang akan menggunakan koneksi seluler ataupun WiFi. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Apple apakah fitur tersebut akan kembali dikembangkan untuk iPhone atau tidak.