05/08/19

Google Maps Juga Hadirkan Informasi Terkait Pemadaman Listrik Pulau Jawa Pada Aplikasinya

Pemadaman listrik atau Black Out yang terjadi pada Minggu siang disebagian wilayah barat Pulau Jawa ini juga turut muncul dalam aplikasi Google Maps.

Aplikeasi peta tersebut menunjukan lokasi mana saja yang terdampak pemadaman secara garis besar yaitu Jawa Barat, Jakarta dan sebagian Banten.

"Perusahaan Listrik Negara atau PLN memperkirakan akan membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengembalikan aliran listrik ke Jakarta setelah insiden pemadaman besar ini," bunyi keterangan tertulis di Google Maps.

Ada juga tombol untuk melihat informasi terbaru terkait dengan status pemadaman listrik tersebut. Apabila tombol tersebut diklik maka akan menampilkan berbagai hasil pencarian Google terkiat dengan pemadaman listrik tersebut.

Google Maps Juga Hadirkan Informasi Terkait Pemadaman Listrik Pulau Jawa Pada Aplikasinya

Informasi mengenai pemadaman listrik tersebut dihadirkan pada semua mode Google Maps baik itu versi desktop ataupun mobile.

Selain itu, mesin pencari Google juga akan menampilkan keterangan dari Maps jika pengguna memasukan kata kunci yang berhubungan dengan pemadaman listrik pada Minggu semalam.

Pengguna juga disediakan fitur untuk membagi informasi terkait hasil pencarian tersebut melalui Facebook, Twitter dan e-mail dengan link khusus yang dibuat oleh Google.

Google Sendiri telah melabeli kejadin tersebut sebagai "peringatan SOS" yang berarti merupakan keadaam darurat yang disebabkan oleh manusia atau alam sehingga para pengguna diminta waspada dengan lingkunan sekitar seperti kecelakaan lalu lintas hingga kebakaran karena kosleting listrik.

Wilayah Jawa Barat, Jakarta dan beberapa daerah di Banten terkena pemadaman secara tiba-tiba dan bersama-sama setelah adanya gangguan di SUTET 500kV Ungaran-Pemalang pada Minggu siang.

Disaat kejadian, listrik yang berada di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali tetap berjalan normal tanpa kendala.