22/07/19

Motherboard ASUS Z97-Pro Hadirkan Fitur Gaming Dan Crystal Sound 2

Sejauh ini terdapat 3 seri dari motherboard ASUS yang menggunakan penamaan Z97-Pro akan tetapi untuk kali ini yang akan dibahas adalah Z97-Pro tanpa adanya tambahan embel-embel berupa "Gamer" ataupun WiFi sehingga dapat disimpulkan bahwa seri ini adala seri paling hemat dari Z97-Pro series.

Akan tetapi, hal tersebut ternyata salah karena Z97-Pro Gamer adalah seri yang paling murah. Z97-Pro ini kemungkinan merupakan motherboard versi murah dari seri yang memiliki WiFi karena terdapat sebuah port WiFi pada bagian panel belakang.

Motherboard ASUS Z97-Pro Hadirkan Fitur Gaming Dan Crystal Sound 2

Motherboard ini hadir dengan 12 phase power digital sehingga membuat motherboard ini memiliki kestabilan arus yang cukup baik terutama pada saat overclock. Jika dilihat dari fitur, Z97-Pro ini juga cukup lengkap karena sudah mendukung overclock RAM hingga mencapai 3200 Mhz. Pada bagian phase power juga terpasang heatsink yang memiliki ukuran yang cukup tebal dan tinggi untuk menghantarkan panas dari phase power. Kekurangan dari motherboard ini hanyalah tidak dilengkapi oleh heatpipe sebagai jembatan untuk heatsink bagian atas dengan bagian samping CPU.

Z97-Pro ini memposisikan tombol power dibagian bawah akan tetapi untuk tombol reset tidak disediakan. Bagi manika overclock, manufaktur tidaklah membatasi tegangan yang dapat disalurkan ke motherboard akan tetapi janganlah lupa untuk memindahkan jumper CPU_0V.

Pada segi performa, motherboard ini tergolong baik karena mampu melakukan boot dengan lancar pada frekuensi 4800 Mhz. Dengan memasang prosesor Interl i7 4790K, motherboard ini dapat berjalan dengan stabil pada frekuensi 4600 Mhz. Angka tersebut tergolong baik untuk overclock manual dan tanpa adanya kenaikan voltase. Pada overclock RAM, juga tergolong baik karena RAM dengan frekuensi 1600 Mhz berhasil dijalankan pada frekuensi 22000 Mhz.

Z97-Pro ini dilengkapi dengan teknologi Crystal Sound 2 yang membuat output audio yang dimilikinya cukup jernih. Para gamer ataupun penikmat musik pasti akan satu suara menyatakan bahwa output audio yang dimiliki oleh ASUS Z97-Pro merupakan keunggulan utama dibandingkan fitur lain.