18/07/19

Jumlah Domain .id Yang Terdaftar Di Pandi Telah Mencapai 318 Ribu Pada Pertengahan Juni Ini

Pada awal tahun 2019 ini, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau dikenal dengan nama Pandi mengungkapkan bahwa saat ini telah ada sekitar 281 ribu domain dengan ekstensi .id yang terdaftar di layanan Pandi.

Memasuki pertengahan tahun atau tepatnya per Juni 2019, Pandi menjelaskan bahwa angka tersebut telah meningkat menjadi 318.090 domain .id yang terdaftar. Jumlah tersebut naik sekitar 13 persen dibandingkan dengan yang tercatat pada Januari lalu.

Sebanyak 95,61 persen dari jumlah tersebut terdaftar atas nama entitas Indonesia atau dalam negeri dan sisanya sekitar 4,39 persen merupakan pendaftar dari luar negeri yang memiliki jaringan bisnis di Indonesia.

Jumlah Domain .id Yang Terdaftar Di Pandi Telah Mencapai 318 Ribu Pada Pertengahan Juni Ini

Jika diurut berdasarkan negara asal pemilik domain .id tersebut maka Indonesia menempati posisi puncak diikuti oleh Amerika Serikat dengan 4.028 domain, Singapura dengan 1.701 domain, Australia dengan 744 domain dan Jerman dengan 679 domain.

Untuk lokasi kota, pengguna domain .id terbanyak adalah berasal dari Jakarta diikuti oleh Bandung, Surabaya, Bekasi dan Tangerang untuk pengguna dalam negeri sedangkan untuk pengguna luar negeri, posisi pertama diduduki oleh Singapura, Sanford, New York, Allefeld dan San Francisco.

Pandi saat ini tidak hanya melayani pengelola domain yang bersifat ccTLD atau country code Top Level Domain akan tetapi juga ccSLD atau country code Secondary Level Domain seperti web.id, sch.id, or.id, my.id, net.id, dasa.id, go.id, biz.id, co.id dan ac.id.

Pandi sendiri berharap pada akhir tahun 2019 sudah terdapat 800 ribu domain yang terdaftar dengan komposisi 50 persen dari Indonesia dan 50 dari luar negeri.